Ini Perbedaan USB dan Flashdisk yang Benar

 Perbedaan USB dengan  Flashdisk_Ada banyak istilah perangkat teknologi yang masih disalahpahami sampai saat ini. Termasuk perbedaan USB dan Flashdisk yang ternyata masih banyak pengguna komputer yang tidak mengetahuinya. Ketidaktahuan terhadap perbedaan dua komponen di atas, membuat pengguna salah ketika bekerja dengan komputer.

Ini Perbedaan Usb Dan Flashdisk yang Benar

Termasuk, memicu peristiwa lucu akibat kesalahan berbahasa “Tolong cabut USB-nya!”. Padahal yang diminta untuk dicabut adalah Flashdisk. Untuk mencegah kesalahan ini, di bawah ada ulasan tentang perbedaan USB dengan Flashdisk. Ini ulasannya:

1. USB adalah Alat Melekatkan Flashdisk ke Komputer

Perbedaan yang pertama ialah, USB adalah alat untuk melekatkan Flashdisk bukan Flashdisk itu sendiri. Sesuai pengertian ini saja, sudah jelas kalau keduanya adalah benda yang berbeda. USB adalah alat yang melekat pada komputer dan berfungsi sebagai tempat Flashdisk.

Artinya, jika pengguna ingin memasukkan data yang ada di Flashdisk, maka harus mencolokkan ke lubang USB. Jika bukan ini yang dilakukan, tentu pengguna tidak bisa melihat data-data tersebut via komputer.

2. USB adalah Fitur Komputer untuk Menyalurkan Data di Flashdisk

Flashdisk adalah fitur komputer yang melekat di bagian casing. Bahkan saat ini ada USB eksternal yang kabelnya tetap harus dimasukkan pada USB yang berada di casing komputer atau laptop. Nah, fungsi dari USB ini adalah untuk menyalurkan data-data eksternal yang ingin dilihat di komputer atau laptop tadi.

Termasuk data yang berada di dalam Flashdisk. Artinya, jika ada kebutuhan dengan data di Flashdisk, pengguna tinggal ambil Flashdisk, lalu ujungnya dimasukkan ke USB. Selesai, data sudah muncul di komputer.

3. USB adalah Fitur yang Melekat pada Komputer sedangkan Flashdisk Terpisah

Hal yang perlu diketahui terkait dengan perbedaan USB dan Flashdisk yang berikutnya ialah, USB merupakan fitur yang melekat pada komputer dan laptop. Bahkan, saat ini, smartphone yang mengusung fitur yang sama untuk mempermudah pengguna yang ingin mengakses data secara eksternal.

Sedangkan Flashdisk adalah benda yang terpisah dari komputer dan laptop. Jika USB tidak bisa dicabut dan dipindahkan ke komputer lain kecuali USB eksternal atau terminal, Flashdisk justru bisa dipasang di komputer sekaligus bisa dilepaskan kembali.

4. USB Penyalur Data Semua perangkat penyimpanan, Sedangkan Flashdisk Penyimpan Unit Data Saja

USB merupakan tempat untuk menyalurkan data dari semua perangkat penyimpanan. Tidak hanya data Flashdisk yang bisa disalurkan melalui USB tetapi juga dari Sim Card, memori ponsel dan yang lain. Sedangkan Flashdisk hanya alat penyimpanan satu unit data saja. Artinya, data yang berada di Sim Card, memori telepon dan yang lain tidak bisa disimpan di Flashdisk kecuali harus menggunakan media USB.

5. USB Memiliki Banyak Lubang sedangkan Flashdisk Satu Lubang

Ciri-ciri USB ialah melekat pada komputer dan laptop serta memiliki 2-3 lubang dengan ukuran dan bentuk yang sama. Fungsi dari keberadaan lubang-lubang ini ialah, supaya pengguna bisa memasukkan banyak Flashdisk dalam satu waktu.

Sedangkan Flashdisk hanya memiliki satu lubang saja. Jika pun ada dua lubang depan belakang, tetapi lubang yang belakang biasanya isinya bukan data Flashdisk melainkan data dari memori eksternal yang memiliki tempat penyimpanan berbeda.

Itulah beberapa perbedaan USB dan Flashdisk yang perlu diketahui. Semoga dengan adanya penjelasan ini, pengguna tidak salah lagi ketika akan berinteraksi dengan keduanya. Termasuk jangan lagi berkata, “Tolong cabut USB-nya, melainkan katakan “Tolong cabut Flashdisk-nya”.

Posting Komentar untuk "Ini Perbedaan USB dan Flashdisk yang Benar"