Pilih Membeli Laptop atau Notebook-Netbook, Mana yang Lebih Bagus?

Pilih Membeli Laptop atau Notebook/Netbook, Mana yang Lebih Bagus?_Saat ini sudah banyak sekali varian komputer jinjing yang dijual di pasaran. Komputer jinjing ini ada yang disebut dengan laptop dan ada pula yang disebut dengan notebook. Kata laptop biasa digunakan untuk menyebut perangkat yang ukuran layarnya antara 14 inchi hingga 15 inchi.

Sementara kata notebook, biasa dipakai ketika menyebut perangkat yang ukuran layarnya antara 10 inchi hingga 12 inchi. Kedua komputer jinjing yang berbeda ukuran ini jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Antara Pilih Beli Laptop dengan Notebook, Mana yang Lebih Bagus?, silakan simak penjelsan di bawah ini agar Anda tidak bingung dan tidak salah pilih.
Pilih Membeli Laptop atau Notebook, Mana yang Lebih Bagus?
Sebenarnya untuk pertanyaan ini tergantung pada selera masing-masing. Karena ada kan orang yang tidak mau repot membawa laptop dan lebih suka dengan notebook yang ukurannya lebih ringkas dan lebih kecil. Ada juga orang yang lebih suka dengan sesuatu yang besar sehingga lebih memilih laptop dibandingkan dengan notebook.

Tetapi biasanya orang-orang juga lebih memprioritaskan kebutuhan dibandingkan dengan selera. Dan untuk yang satu ini, mari coba simak beberapa perbedaan antara laptop dengan notebook sehingga Anda bisa menentukan manakah yang lebih bagus dan lebih sesuai untuk kebutuhan Anda, antara lain:

1. Harga
Soal harga, jelas laptop harganya lebih mahal karena fitur di dalamnya lebih banyak, dan harga ini juga sekaligus menjadi kelemahan dari laptop. Sementara untuk notebook, harganya lebih murah, karena selain ukurannya lebih kecil, komponennya juga lebih sedikit. Jadi, kalau Anda memiliki keterbatasan pada budget, sebaiknya pilih notebook saja yang harganya lebih murah.

2. Prosesor
Prosesor yang lebih bagus jelas ada di dalam laptop. Sementara pada notebook, prosesor yang dipasang biasanya adalah prosesor yang low-end, karena ini sekaligus bertujuan untuk mengurangi biaya produksi. Tetapi, inilah kelemahan notebook, sehingga bila Anda membutuhkan perangkat yang prosesornya bagus, sebaiknya pilih laptop saja.

3. Ukuran Keyboard
Karena ukuran laptop lebih besar, alhasil ukuran keyboardnya juga lebih besar. Ini cenderung lebih mempermudah pengguna ketika mengetik. Sementara pada notebook, ukuran keyboard-nya lebih kecil.

Nah, kalau Anda lebih nyaman bekerja dengan keyboard yang lebih besar, maka Anda harus membeli laptop. Tetapi jika Anda tidak masalah bekerja dengan keyboard kecil, tentu tidak masalah jika Anda lebih memilih notebook.

4. Ukuran Layar
Sama seperti keyboard, ukuran layar laptop lebih luas dibandingkan dengan notebook. Dengan ukuran layar yang lebih luas seperti ini, jelas Anda bisa melihat dan membaca dengan lebih mudah. Berbeda halnya dengan notebook, mungkin Anda harus sedikit mendekatkan indra penglihat ketika hendak melihat atau membaca.

Mengenai mana yang lebih bagus, kembali lagi pada kenyamanan Anda. Anda lebih nyaman bekerja dengan layar yang besar ataukah yang kecil. Jika Anda lebih nyaman dengan layar besar, sebaiknya beli laptop saja. Tetapi jika layar yang kecil sudah cukup, notebook bisa menjadi jawabannya.

5. Berat
Karena membawa komponen yang lebih banyak dan ukurannya juga lebih besar, sudah pasti laptop lebih berat dari notebook. Otomatis notebook lebih nyaman dibawa kemana-mana. Tetapi kembali lagi, berdasarkan pada beberapa kriteria di atas, silahkan Anda pilih yang Anda suka dan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Disk Drive
Hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan Disk Drive yang membuatnya mampu membaca data atau memasukkan data ke dalam CD atau DVD. Berbanding terbalik, notebook justru sebaliknya. Biasanya perangkat ini tidak diserta Disk Drive karena ukurannya saja sudah kecil, dan seolah tidak ada tempat untuk menempatkan fitur ini.

7. Baterai
Karena laptop bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang terhitung berat, otomatis laptop membutuhkan daya yang cukup banyak. Makanya laptop ini biasa dilengkapi oleh baterai yang bisa digunakan hingga 6 jam lamanya. Selain itu, baterai laptop biasanya bisa dibongkar dan dipasang supaya tidak mudah rusak ketika dipakai saat dicharge.

Sedangkan notebook biasanya dibekali dengan baterai yang ketahanannya hanya sekitar 3 jam atau 4 jam saja. Tentunya ini menyesuaikan dengan kinerja sekaligus harga yang lebih murah ya.

8. Sistem Operasi
Untuk sistem operasi, laptop biasanya bisa menggunakan sistem operasi yang jenis apapun. Selain itu, laptop juga mampu membawa sistem operasi Windows terbaru yang cenderung membutuhkan spesifikasi tinggi. Sementara notebook tidak demikian.

Tidak semua sistem operasi yang ada cocok untuk notebook, sehingga yang lebih disarankan untuk diinstall adalah sistem operasi yang dipasang pada saat awal pembelian dahulu.

9. Kemampuan dalam Menjalankan Program dan Aplikasi
Mengenai kemampuan dalam menjalankan program dan aplikasi, jelas laptop lebih unggul. Laptop bahkan mampu menjalankan program serta aplikasi yang berat asalkan spesifikasinya juga sesuai. Ini jelas menjadi pilihan yang bagus bagi mahasiswa ataupun orang-orang yang memiliki kepentingan dengan berbagai aplikasi berat.

Sementara untuk notebook, tidak semua program atau aplikasi bisa dijalankan dengannya. Biasanya notebook ini hanya mampu menjalankan aplikasi yang 32 bit. Memang sih Anda bisa memaksanya untuk menjalankan yang 64 bit, tetapi ini bisa membuat kinerja laptop jadi lambat.

Jadi, Laptop atau Notebook yang Lebih Bagus untuk Dibeli?
Setelah mengetahui berbagai perbedaan laptop dengan notebook di atas, apa Anda sudah menentukan hendak membeli yang mana? Kalau masih bingung, Anda bisa memilih berdasarkan pada beberaoa pertimbangan yang diuraikan di bawah ini:

1. Biaya
Jika Anda memang memiliki uang yang cukup, sebaiknya Anda membeli laptop, karena laptop lebih memberikan keuntungan. Tetapi, kalau finansial Anda belum memungkinkan untuk membeli laptop, beli notebook saja.

Tetapi, pilih notebook yang merk-nya memiliki harga jual kembali tinggi ya, supaya ketika nanti Anda ingin menggantinya dengan laptop, Anda tidak perlu menambah banyak dana. Tetapi, perlu dipahami juga bahwa harga jual kembali notebook ini dipengaruhi oleh kondisinya. Karenanya, semasa di tangan Anda, Anda harus senantiasa merawatnya supaya kondisinya tetap prima.

2. Penggunaan
Kalau memang Anda membeli laptop untuk digunakan menjalankan berbagai aplikasi yang sifatnya berat, sebaiknya beli laptop saja. Tetapi bila Anda memaksudkan perangkat ini hanya untuk mengetik, browsing, mengecek email atau berbagai pekerjaan yang sifatnya ringan lainnya, beli notebook saja tidak masalah, sekalian bisa menghemat uang.

Apalagi kalau Anda harus sering-sering membawanya, tentu notebook adalah pilihan yang bagus karena ukurannya lebih kecil dan lebih ringan, jadi Anda tidak terlalu terbebani.

3. Ukuran ataukah Performa?
Kalau Anda memang mengutamakan ukuran, dan Anda lebih suka dengan ukuran yang kecil, notebook bisa menjadi pilihan yang bagus. Hanya saja seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, notebook ini hanya bisa Anda gunakan untuk melakukan kegiatan yang ringan-ringan saja.

Tetapi kalau Anda lebih mengutamakan performa, tidak ada masalah dengan ukuran layar yang besar dan biasa menggunakannya untuk berbagai aktifitas berat, lebih baik pilih laptop saja, yang meskipun harganya lebih mahal, performanya jelas lebih tangguh.

Demikian ulasan tentang pilih laptop dan notebook-netbook, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan antara memilih dan membeli laptop maupun notebook.

Posting Komentar untuk "Pilih Membeli Laptop atau Notebook-Netbook, Mana yang Lebih Bagus?"