Cara Mengecek Resi Pengiriman POS secara Online dan Offline

 Mengecek resi pada barang yang dikirim bertujuan untuk mengetahui lokasi pasti dimana paket berada. Hal ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui keberadaan paket apakah telah sampai di tempat tujuan. Salah satu ekspedisi pengiriman yakni Pos Indonesia membeberkan cara mengecek resi pengiriman pos yang mudah dilakukan.

Cara Mengecek Resi Pengiriman POS secara Online dan Offline

Pos Indonesia sendiri pada awalnya merupakan layanan jasa pengiriman dokumen dan surat yang kini mulai melayani pengiriman barang dan uang. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi perkembangan zaman dimana banyak masyarakat yang menyukai belanja secara online. Untuk itu ketahui cara untuk mengecek resi Pos Indonesia yang bisa dilakukan secara online dan offline berikut ini:

Gunakan Situs Web yang Bisa Diakses Dimana Saja

Pada dasarnya resi dari setiap ekspedisi baik itu Pos Indonesia, JNE, J&T dan lain-lain dapat dicek melalui berbagai situs yang kini dapat diakses dengan mudah. Ada situs yang memberikan data secara real-time dan tidak jarang situs delay karena belum ada update dari layanan pengirimnya. Adapun situs yang dapat digunakan diantaranya:

1. Pastikan Paket Terkirim Tepat Waktu dengan Mengeceknya melalui Website Pos Indonesia

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Pos Indonesia memiliki website resmi dimana pengirim paket yang menggunakan layanannya dapat mengecek status paketnya pada website tersebut. Untuk menggunakannya pengguna perlu masuk ke situs www.posindonesia.co.id yang dapat diakses melalui peramban. Di halaman utama pengguna akan dihadapkan pada beragam menu yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Fokuslah pada bagian “Lacak Kiriman” di sebelah kiri.

Bagian tersebut berisi tempat memasukkan nomor resi paket dan ketikkan nomor resinya disana. Resi yang telah dimasukkan pada kolom tersebut akan diproses setelah pengguna menekan tombol "tracking" yang tersedia. Tunggu hingga loading selesai dan sistem akan memberikan informasi dimana lokasi barang berada dan statusnya. Website resmi Pos Indonesia selalu meng-update status real time dari paketnya.

2. Lihat Status Pengiriman Barang dengan Bantuan Website cekresi.com 

 Ada beragam website yang digunakan untuk mengecek resi paket dari berbagai ekspedisi salah satunya cekresi.com. Untuk memanfaatkan website ini masuklah pada browser dan tuliskan cekresi.com pada kolom url-nya. Halaman utama akan menampilkan kolom yang dapat diisi oleh resi paket. Klik pada tombol “Cek resi POS Indonesia" dan sistem akan menampilkan status pengiriman barang.

Melakukan Pengecekan Secara Langsung ke Kantor Pos Indonesia

Untuk mengecek resi selanjutnya, Pos Indonesia juga menawarkan layanan offline bagi pengguna yang ingin mengecek resi langsung ke kantornya. Untuk itu datanglah ke kantor pos terdekat sambil membawa nomor resi dari paket ingin dilacak. Berikan nomor tersebut kepada karyawan yang bertugas sehingga paket akan dilacak berdasarkan nomor resi yang diberikan.

Tunggulah hingga petugas petugas tersebut melacak paket pengguna dan menginformasikannya. Jika memang pengguna berstatus sebagai penerima dan paket telah sampai, petugas tersebut akan langsung memberikan paketnya. Tentunya hal ini dapat dilakukan tanpa memerlukan biaya alias gratis.

Itulah cara mengecek resi pengiriman pos baik secara online maupun offline. Jika  pengguna merasa paket sudah seharusnya sampai namun belum juga diantarkan, pengguna bisa langsung mengunjungi kantor Pos Indonesia untuk melacaknya sekaligus mengambilnya jika memang telah sampai di sana.