Tata Cara Menggunakan SMS Banking Mandiri Agar Transaksi Lebih Mudah dan Cepat

 Dengan berbekal sms saja sekarang ini dapat melakukan berbagai aktivitas secara lebih mudah. Mulai dari komunitas pada orang lain sampai dengan transaksi keuangan pun dapat dilakukan. Sebagai salah satu pengetahuan setidaknya cara menggunakan sms banking Mandiri perlu diketahui. Mengingat sejumlah keuntungan dapat diperoleh saat menggunakannya.

Tata Cara Menggunakan SMS Banking Mandiri Agar Transaksi Lebih Mudah Dan Cepat

Diantaranya keuntungan tersebut meliputi lebih gampang serta fleksibel saat melakukan kegiatan transaksi keuangan. Selain itu cara ini juga tergolong lebih mudah dikerjakan lantaran bisa menggunakan segala jenis sim card. Adapun terkait aktivitas keuangan yang dapat dijalankan seperti pengecekan saldo, serta bisa juga untuk mentransfer dan lain sebagainya. Berikut informasi mengenai sms banking dari bank Mandiri:

Cara Pendaftaran

Untuk dapat memakai layanan sms banking seorang nasabah harus melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Caranya dapat lewat ATM maupun berkunjung secara langsung ke cabang dari kantor bank Mandiri terdekat. Perlu diketahui bahwa kedua cara tersebut cukup berbeda terkait fasilitas yang diberikan.

Yakni pendaftaran melalui ATM hanya membuka akses bagi nasabah untuk melakukan transaksi berupa non-finansial contohnya seperti pengecekan saldo. Untuk nasabah yang menginginkan akses lebih mulai dari transfer sampai dengan melakukan pembayaran. Dapat melakukan registrasi sms banking lewat kantor cabang.

Sebelum mendaftar, nasabah harus memastikan terlebih dahulu bahwa nomor hp yang didaftarkan masih aktif serta berada di posisi sim card pertama. Selain itu juga pastikan bahwa saldo atau pulsa yang ada masih cukup untuk biaya kirim sms. Besaran tarif yang ditetapkan untuk sms banking dari bank Mandiri adalah 500 sampai dengan 1000 rupiah saja.

Cara Menggunakan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebagai cara menggunakan sms banking Mandiri adalah menyiapkan hp yang akan dipakai nantinya. Dimana hp tersebut memakai nomor yang telah dilakukan pendaftaran sebelumnya. Kemudian ketik kode layanan yang diinginkan kemudian kirimkan SMS pada nomor 3355. Setelah itu nasabah akan memperoleh sms yang menyatakan sebuah konfirmasi dari transaksi yang telah dilakukan.

Selanjutnya nasabah akan diminta untuk memasukkan sejumlah digit PIN. Namun biasanya tidak lengkap, karena hanya disuruh menyebutkan seperti digit kelima dan ke satu maupun lainnya. Terakhir nasabah akan dikirimi sebuah sms yang isinya adalah status dari transaksi tersebut.

Format SMS

Setiap layanan transaksi yang dilakukan memang berbeda dari segi kode sampai dengan format pengiriman sms yang akan dilakukan. Untuk itu terdapat sejumlah format pengiriman sms banking dari bank Mandiri yang perlu diketahui. Misalnya untuk melakukan pengecekan saldo yang masih tersisa dalam rekening, nasabah dapat mengetik kode 'SAL' dilanjutkan dengan kode rekening yang dimiliki.

Sementara untuk untuk melakukan pengecekan mutasi caranya tidak beda jauh, hanya tinggal mengganti kode SAL menjadi TRN saja. Untuk mentransfer sejumlah uang ke sesama bank Mandiri dapat dilakukan sms dengan format 'TRT' lanjutkan dengan mengisi kode rekening serta nomor rekening yang hendak dituju. Jangan lupa sertakan jumlahnya di bagian terakhir.

Tidak sampai disitu saja, sms banking juga mampu dipakai untuk mengisi pulsa melalui cara mengirim SMS melalui format 'ISI'. Selanjutnya tambahkan kode rekening, kemudian baru ketikkan nomor hp yang akan diisi pulsa dan terakhir adalah nominal dari pulsa yang akan dikirim.

Demikian ulasan mengenai cara menggunakan sms banking Mandiri agar transaksi lebih mudah dan cepat dilakukan. Pembahasan di atas dapat menjadi wacana bagi nasabah yang ingin memakai layanan berupa sms banking dari bank Mandiri. Mulai dari proses pendaftaran yang memang bisa melalui ATM maupun datang ke kantor secara langsung sampai dengan cara menggunakan sekaligus format untuk pengiriman sms.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Menggunakan SMS Banking Mandiri Agar Transaksi Lebih Mudah dan Cepat"