Cara Pengembalian Dana Tokopedia ke Rekening Mudah dan Cepat

 Aplikasi Tokopedia memang dikenal sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk berbelanja. Namun transaksi yang dilakukan oleh pengguna untuk membayar belanja online terkadang dibatalkan oleh penjual. Oleh karena itu, pengguna harus melakukan pengembalian dana Tokopedia ke rekening sehingga bisa ditarik menggunakan rekening.

Cara Pengembalian Dana Tokopedia ke Rekening Mudah dan Cepat

Mengapa Pesanan Pembeli Dibatalkan Penjual?

Tujuan adanya aplikasi Tokopedia memang disediakan untuk para pengguna yang ingin membeli barang sesuai kebutuhan. Selain itu, aplikasi ini juga ditujukan kepada pengguna yang berperan sebagai penjual yang menjajakan dagangan secara online. Lantas mengapa pesanan pembeli terkadang dibatalkan oleh penjual di aplikasi tersebut? Berikut ulasannya:

1. Pesanan Ditolak

Pengembalian dana kepada pembeli karena pesanan yang dilakukan ditolak oleh penjual. Penolakan pesanan tersebut dapat diakibatkan karena pesanan pembeli tidak tersedia di toko tersebut. Selain itu, pesanan tersebut juga dapat ditolak apabila transaksi yang dilakukan telah melanggar berbagai persyaratan maupun ketentuan aplikasi.

2. Nominal Dana yang Ditransfer Berbeda

Hal yang menjadi penyebab dana pembeli dikembalikan oleh penjual karena pembayaran dari barang promo yang dipesan sudah melewati batas promo. Dengan begitu, nominal dana yang dikirim tidak sesuai dengan harga asli dari barang tersebut sebelum promosi. Selain itu, dana yang transfer pun bisa saja melebihi jumlah nominal yang seharusnya dibayar.

3. Tidak Ada Respon dari Penjual

Bukan hanya itu, dana akan dikembalikan secara otomatis kepada pembeli jika selama 24 jam tidak ada respon dari pihak penjual. Bahkan nomor resi yang tidak dikirimkan penjual selama 2x24 jam pun bisa menjadi penyebab dana dikembalikan. Karena memang nomor resi tersebut memiliki peran yang penting pada saat pembeli akan mengambil pesanan tersebut.

Cara Mengembalikan Dana ke Rekening

Memang pengembalian dana yang dilakukan oleh pihak aplikasi disebabkan berbagai hal seperti pesanan pembeli ditolak. Selain itu, nominal yang dikirimkan pun tidak sesuai dengan nominal yang seharusnya. Kebanyakan pembeli ingin memasukkan dana yang dikembalikan ke rekening. Berikut merupakan penjelasan lengkap terkait cara pengembalian dana Tokopedia ke rekening:

1. Membuka Aplikasi

Cara yang dilakukan oleh pengguna terlebih dahulu adalah membuka aplikasi Tokopedia yang ada di smartphone. Setelah aplikasi sudah menampilkan halaman awal maka pengguna harus mengklik menu “Akun”. Jika menu “Akun” sudah di klik maka selanjutnya klik “Saldo”. Pada menu tersebut nantinya akan muncul jumlah saldo yang dimiliki.

2. Klik Kolom “Tarik Saldo”

Apabila informasi saldo yang dimiliki sudah ditampilkan, maka pengguna bisa langsung mengklik kolom “Tarik Saldo”. Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu “Penghasilan” kemudian masukkan jumlah atau nominal dana yang akan ditarik. Setelah itu, pilih nama bank yang dimiliki oleh pengguna aplikasi.

3. Masukkan Password

Nominal dana yang sudah dimasukkan tersebut akan dilakukan konfirmasi oleh pihak aplikasi. Pada saat proses konfirmasi nantinya akan dibutuhkan password atau kata sandi dari akun aplikasi yang telah dibuat sebelumnya oleh pengguna. Jika password sudah dimasukkan maka pengguna bisa mengklik tombol “Tarik Saldo” yang berwarna hijau.

4. Memilih Metode Verifikasi

Langkah yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan memilih metode verifikasi yang diinginkan. Adapun metode yang dimaksud ini antaranya metode SMS, telepon, dan bahkan email. Nantinya pihak aplikasi akan mengirimkan kode melalui metode yang telah dipilih sebelumnya oleh pengguna. Setelah itu, pengembalian dana pun berhasil masuk ke rekening.

Demikian pembahasan lengkap terkait cara pengembalian dana Tokopedia ke rekening oleh pengguna. Selain itu, pengembalian dana ini pun disebabkan oleh berbagai hal seperti pesanan tersebut ditolak. Olehnya itu, dana yang dikembalikan tentu tidak langsung masuk ke rekening melainkan menjadi saldo di aplikasi.

Posting Komentar untuk "Cara Pengembalian Dana Tokopedia ke Rekening Mudah dan Cepat"