Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan Paling Mudah

 Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, kini nasabah tidak perlu melakukan setor tunai, transfer maupun menarik uang langsung melalui bank. Pasalnya, telah disediakan fasilitas berupa adanya jaringan ATM yang tersebar di berbagai tempat sangat mempermudah setiap orang. Namun bagaimana apabila terjadi permasalahan serta cara mengatasi kartu ATM tertelan tersebut?

Cara Mengatasi Kartu Atm Tertelan Paling Mudah

Tentunya dengan adanya permasalahan ini mengharuskan tiap nasabah mengerti penyebab dan langkah mengatasinya. Dibawah inilah penjelasan lengkapnya wajib diketahui, antara lain:

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Sebelum mencari tahu cara mengatasi kartu ATM tertelan, tentunya perlu diketahui pula sejumlah poin yang menjadi penyebabnya. Sehingga nantinya dapat diberikan penanganan secepat mungkin dan rekening pun tetap aman. Selain itu, langkah tersebut ditujukan sebagai upaya pencegahan kartu ATM tertelan kembali serta permasalahan lainnya.

Beberapa penyebabnya yaitu berawal dari sistem ATM error hingga mesin bermasalah saat transaksi berlangsung. Kemudian, lupa memasukkan PIN number sebanyak 3 kali ataupun tidak mengambilnya setelah digunakan terlalu lama juga menjadi penyebab lain. Bahkan terjadi pula apabila listrik padam pada daerah setempat yang menyebabkan tertelannya kartu

Namun disamping itu ternyata penyebab lainnya yaitu karena terdapat modus kejahatan digital atau skimming yang seringkali mengintai banyak nasabah. Permasalahan tersebut biasa terjadi apabila sindikat penipu mengganjal lubang ATM, lalu membuatnya seolah-olah masuk dan tertelan ke mesin. Apabila kurang teliti, tentu nantinya bisa merugikan pemilik kartu.

Cara Mudah Mengatasinya

Tidak hanya mengenali penyebab kartu ATM dapat tertelan, namun ada baiknya bagi nasabah mengerti langkah dalam mengatasinya. Berikut inilah informasi wajib disimak, yaitu antara lain:

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu bersikap tetap tenang serta tidak terlalu mengkhawatirkan permasalahan tersebut. Pasalnya, apabila tidak diatasi secara tenang maka dapat dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab diluar sana. Misalnya kepanikan ini memancing penjahat dalam melancarkan modus penipuan, seperti skimming atau mengambil uang lewat kartu ATM yang dimiliki.

2. Segera Hubungi Call Center

Setelah merasa tenang, maka langkah berikutnya yakni menghubungi Call Center Bank setempat. Namun pastikan tetap mewaspadai lingkungan sekitar yang berpotensi memperburuk permasalahan. Segera telepon petugas CS serta minta lakukan pemblokiran kartu sementara.

Apabila telah melaporkan permasalahan ini pada pihak Bank, selanjutnya nasabah diberikan pengarahan dan sejumlah pertanyaan terkait identitas berguna sebagai verifikasi. Barulah kemudian nasabah wajib mendatangi salah satu kantor cabang Bank terdekat agar bisa mengurus kembali kartu yang tertelan tersebut.

3. Mengunjungi Bank Setempat

Kemudian pastikan mengunjungi ke kantor cabang terdekat untuk mengisi formulir yang merupakan bagian dari prosedur pembuatan kartu ATM baru. Tentunya telah menyiapkan berkas sesuai persyaratan, yaitu tanda pengenal (KTP), SK kehilangan dari polisi dan lain sebagainya.

4. Mengajukan Pembuatan Kartu Ulang

Dalam mengajukan kartu baru, maka usahakan datang lebih awal supaya tidak lama mengantri. Kemudian pastikan kebutuhan berkas lengkap dan sampaikan permasalahan kartu tertelan pada petugas. Sehingga nantinya pihak Bank segera melakukan verifikasi data serta memproses kartu ATM baru. Cukup mudah dilakukan bukan?

Itulah ulasan singkat tentang alasan mengapa  sekaligus cara mengatasi kartu ATM tertelan termudah. Pastikan selalu bersikap tenang serta tidak merasa khawatir berlebihan apabila mengalami permasalahan satu ini. Nasabah hanya perlu menghubungi atau mendatangi langsung pihak Bank agar kartu dapat terblokir, sehingga saldo di rekening pun tetap aman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan Paling Mudah"