Cara Aktivasi Kartu Debit BCA untuk Transaksi Online yang Lebih Praktis

 Penggunaan kartu debit dirasa sangat nyaman karena efisien, praktis, dan simple oleh banyak kalangan masyarakat. Dengan minat masyarakat, Bank BCA mengembangkan fitur terbaru berupa Debit Online yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi apapun. Cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online ini pun terbilang mudah dilakukan.

Cara Aktivasi Kartu Debit BCA untuk Transaksi Online yang Lebih Praktis

Fitur Debit Online yang ditawarkan PT. Bank Central Asia ini memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi apapun. Mulai dari transaksi berbagai situs, aplikasi, hingga layanan online lainnya. Berikut cara melakukan aktivasi debit online BCA :

1. Membuat Kartu Debit BCA

Pertama adalah calon pengguna harus menjadi nasabah di bank BCA dengan cara membuat kartu debit di Bank BCA. Maka dari itu calon pengguna harus mempelajari ketentuan untuk menjadi nasabah Bank BCA. Apabila calon pengguna siap  menjadi nasabah Bank BCA, calon pengguna cukup datang ke kantor BCA dan berkonsultasi dengan teller.

Calon pengguna akan diberikan formulir data diri oleh teller yang harus diisi dengan benar. Setelah itu, pengguna akan diarahkan dan diminta untuk menunggu hingga rekening dan kartu jadi. Setelah itu, pengguna akan diarahkan untuk mengisi rekening sebagai setoran awal kartu debit dan mendownload M-Banking BCA.

2. Melakukan Registrasi

Langkah ini yang harus dilakukan di kantor bank karena harus dilakukan dengan mesin ATM. Selain itu, prosedur yang harus dilalui pun cukup rumit dan pengguna harus dibantu dengan pegawai bank. Dengan alasan tersebut, biasanya nasabah baru melakukan aktivasi M-Banking langsung setelah kartu ATM jadi. Berikut cara aktivasi Mobile Banking BCA :

  • Masukkan kartu debit BCA, masukkan PIN, lalu pilih “transaksi lainnya”
  • Pilih “Daftar e-Banking”, lalu pilih “Mobile Banking”
  • Baca ketentuan yang ada, jika setuju maka pilih “YA”, lalu masukkan nomor handphone yang ingin didaftarkan, lalu tekan “BENAR”
  • Konfirmasi nomor handphone lalu tekan “YA”.
  • Masukkan PIN mBCA sebanyak 6 digit angka lalu masukkan PIN 1X lagi sebagai konfirmasi
  • Layar memunculkan konfirmasi registrasi mobile banking BCA dan mesin ATM akan mencetak bukti registrasi

3. Aktivasi Mobile Banking BCA

Apabila registrasi sudah dilakukan, pengguna dapat melanjutkan ke step selanjutnya untuk melakukan aktivasi. Aktivasi ini dilakukan untuk mendaftarkan akun rekening ke dalam aplikasi. Aktivasi Mobile Banking BCA ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Buka aplikasi BCA mobile yang sudah di download lalu klik menu “m-BCA”
  • Baca Ketentuan m-BCA yang ada di layar lalu pilih accept
  • Input 16 angka no kartu ATM pada kolom yang tersedia
  • Kirim SMS
  • Buat Kode Akses BCA mobile

4. Log In Ke Dalam Aplikasi BCA

Setelah membuat kode akses dan aktivasi Mobile Banking BCA selesai, pengguna diharuskan untuk log in ke dalam aplikasi. Log in dalam aplikasi ini dapat dilakukan dengan cara masuk dengan kode akses. Apabila kode akses berhasil digunakan, maka pengguna sudah masuk ke dalam aplikasi dan aplikasi dapat dijalankan.

5. Mengaktivasi Debit Online BCA

Setelah melalui prosedur dan proses yang panjang, pengguna baru dapat melakukan aktivasi Debit Online BCA. Cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online ini cukup mudah dilakukan. Banyak pengguna M-Banking yang melakukan sendiri cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online ini tanpa bantuan teller bank. Berikut cara aktivasi Debit Online BCA :

  • Log in BCA mobile, lalu pilih Akun Saya yang ada di pojok kanan bawah layar.
  • Lalu  pilih menu kontrol.
  • Pilih nomor yang terdaftar lalu aktifkan tombol Transaksi Debit Online dengan cara menekan gambar on-off di pojok kanan
  • Pastikan nomor yang terdaftar sudah benar dan pilih Daftar.

Adanya edukasi tentang cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online ini diharapkan pembaca dapat hidup lebih praktis dan efisien. Karena dengan transaksi yang semakin mudah, banyak waktu yang dapat digunakan untuk melakukan hal yang lebih produktif.